AKHLAK TERPUJI

Sabtu, 05 November 2016 0 komentar
"AKHLAK TERPUJI"


1.      Solidaritas

solidaritas islami adalah tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan, saling menjamin, saling berlemah lembut, saling menasehati dalam al kebenaran dan bersabar atasnya. Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk sosial, yang mana ia memerlukan yang lainnya dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya. Setiap individu manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga diperlukan kerjasama untuk saling melengkapi.
Allah ta’ala berfirman,
وَتَعَاوَنُواْ عَلَى الْبرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُواْ عَلَى الإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُواْ اللّهَ إِنَّ اللّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. (QS Al Ma’idah: 2)
Hikmah perilaku solidaritas
1.      Mendapat banyak teman
2.      Dapat membantu meringankan beban orang lain
3.      Terhindar dari ancaman dan permusuhan

2.      Tasamuh

Pengertian Tasamuh Menurut bahasa, tasamuh artinya toleransi. Adapun toleransi menurut istilah tasamuh ialah suatu sikap yang menghargai dan menghormati orang lain yang memiliki perbedaan dengan
Allah berfirman dalam Qur’an Surat Al-Maidah ayat 2.
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (2)
Artinya : Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.
Manfaat dan hikmah sikap tasamuh
a. Menjalin ukhuwah, persatuan, dan kesatuan dalam bermasyarakat
b. Menciptakan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat
c. Terwujudnya kerukunan dan terhindar dari perpecahan
d. Terwujudnya ketenangan dan terhindar dari ketegangan dan konflik
e. Menghilangkan hasud, fitnah, kebencian, dendam dan permusuhan
f. Menciptakan rasa aman, tenang, tenteram, dan damai di masyarakat
g. Menimbulkan sikap saling menghormati antar sesama.

3.      Ta’awun
Ta’awun berasal dari bahasa Arab Ta’awana, Yata’aawuna, Ta’awuna, yang artinya tolong-menolong, gotong-royong, bantu-membantu dengan sesama manusia.
Pada hakikatnya, naluri hidup berta’awun telah dimiliki manusia sejak masih usia anak-anak. Walaupun demikian, sikap ini perlu mendapatkan bimbingan secara terus menerus dari orang dewasa. Dengan bimbingan orang dewasa sikap ini dapat berkembang dengan baik.
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syiar-syiar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari karunia dan keredhaan dari Rabbnya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidil Haram, mendorong kamu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya (Q.S. Al-Maidah. 5:2)
Hikmah Ta’awun
"Tolong menolonglah dalam Kebaikan dan Taqwa,
Jangan tolong menolong dalam dalam Keburukan dan Dosa.."

Wajib bagi kita menolong dalam Kebaikan, dalam bidang Duniawi dan Ukhrowi.

Contohnye, orang kaya harus berani menolong orang miskin yang susah, memberinya shadaqoh dan membayar zakatnya. Jika tidak, Hmm.. banyak loh yang akan menjadi Perampok dan Pencuri. Tanggung jawab siapa hayoo?

Cohtoh lagi yee, Kyai, Ustadz, muballigh, HARUS benar2 Siap dan Tulus Ikhlas, MENOLONG dan Mengajari manusia
 TATA CARA HIDUP YANG BENAR sesuai Syariah, agar Bahagia selamat dunia Akhirat...

4.      Zuhud
Zuhud secara bahasa artinya meninggalkan, tidak menyukai, atau menjauhkan diri. Sedangkan zuhud secara istilah berarti tidak mementingkan hal - hal yang bersifat keduniawian, atau meninggalkan gemerlap kehidupan yang bersifat material dalam mengabdikan diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala
 Dalil Zuhud
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS. Al-Hadid: 20)

Hikmah Zuhud
-        Hatinya tenang dan tidak mudah sedih karena semua yang berada di dunia adalah milik Allah
-        Tidak berambisi terhadap kehidupan dunia
-        Berhati-hati dalam segala perbuatan
-        Sabar dalam mengahadapi cobaan
-        Mudah ridha terhadap segala kejadian di dunia ini

5.      Sikap tidak ingkar janji
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS. Al-Hadid: 20)
Tidak ingkar janji artinya adalah menepati janji yang telah dibuatnya, bisa juga disebut dengan sikap amanah atau dapat dipercaya.

Dalil Naqli Sikap Tidak Ingkar Janji

Firman Allah:

واوفوبعهد الله ذا عهدتم ولا تنقضوا ابمن بعد توكيدها وقد جعلتم الله عليكم كفيلا ن الله يعلم ما تفعلون

      Artinya: " Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpahmu itu sesudah meneguhkannya, sedang kamu menjadikan Allah sebagai saksimu (terhadap sumpah-sumpah itu). Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu perbuat." (QS. An Nahl: 91)

Tanda tanda orang munafik ada tiga, sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad saw:

يةالمنافق ثلاث اذا حدث كذب واذا وعد اخلف واذا اؤتمن خان (رواه البخارى ومسلم)

Artinya: " Tanda-tanda orang munafik ada tiga, yang pertama apabila berkata ia dusta, apabila berjanji ia mengingkari, dan apabila dipercaya ia khianat." (HR. Muttafaqun alaih).

Analisis Dalil

Berdasarkan kedua ayat di atas, janji itu ada dua macam, yaitu janji kepada Allah , dan janji kepada manusia . Janji kepada allah harus ditepati, sebagaimana yang ditegaskan dalam durat An Nahl ayat 91 di atas. Janji kepada Allah SWT yaitu berupa kesaksian dua kalimat syahadat, yang mengakui bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan Muhammad sebagai utusan Allah.

Hikmah Sikap Tidak Ingkar Janji

a. Mendapat kepercayaan orang lain.

b. Tidak tergolong orang munafik.

c. Terhindar dari perbuatan dosa.

d. Mendapatkan ketenangan dan ketenteraman.

e. Mendapat berkah dari Allah.

6.      Saling menghargai
      Kesatuan merupakan kata yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kesatuan diambil dari kata ‘satu’ yang berarti tunggal. Kesatuan itu sendiri memiliki arti yang sama yaitu keesaan, sifat yang tunggal. Suatu hal yang awalnya bermacam-macam dan jamak jika mereka bergabung maka akan menjadi satu kesatuan.
Kesatuan dalam berorganisasi akan sangat mempermudah dalam mencapai tujuan. Jika pemimpin dan seluruh bawahannya bias menjadi satu kesatuan akan sangat mudah untuk mencapai cita-cita dan tujuan bersama.
Firman Allah SWT dalam Alquran surat Al Hujurat ayat 11
ﻴﺄيهاالذىن ء امنوا لايسخرقوم من قوم عسىان يكونوا خيرا منهم ولانساء من نساء عسى ان يكن خيرا منهن ولا تلمزوا انفسكم ولا تنابزوا بالالقاب بئس الاسم الفسوق بعد الايمان ومن لم يتب فاولئك هم اظالمون
 Artinya : ”Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan ) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olokkan), dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iamn dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Hujurat: 11)

Hikmah Sikap Saling Menghargai
1.      Terhindar dari kebencian dan permusuhan.
2.      Dapat mempererat hubunga dalam pergaulan.
3.      Mampu mengendalikan diri.

7.    Ikhlas
Ikhlas adalah melakukan atau mengerjakan sesuatu pekerjaan semata-mata hanya karena Allah SWT.. Orang yang berbuat ikhlas tidak mengharapkan balas jasa atau pujian dari orang lain kecuali hanya mengharap rida dari Allah SWT.. Orang yang beramal secara ikhlas disebut mukhlis.
Dampak positif dari perbuatan ikhlas adalah sebagai berikut:
1.               Memperoleh pahala yang besar dari Allah SWT.
2.               Memperoleh kepuasan batin karena merasa bahwa kebaikan yang dilakukan sesuai dengan perintah Allah SWT.
3.                Merasa lebih dekat dengan Allah,karena amalnya diterima oleh Allah SWT.
Ada beberapa upaya untuk membiasakan sifat ikhlas antara lain:
1.                   Melatih diri untuk beramal baik saat tidak dilihat oleh orang lain.
2.                  Tidak merasa kecewa apabila perbuatan baiknya diremehkan orang lain.
3.                  Melatih diri agar tidak merasa bangga jika perbuatan baiknya dipuji orang.
4.                  Tidak suka memuji perbuatan baik yang dilakukan seseorang karena hal itu dapat mendorong pelakunya menjadi riya.
5.                   
Akhlak terpuji terhadap orang lemah
Dalam menghadapi kehidupan didunia ini, Allah telah memberikan kepada semua manusia antara lain berupa panca indera, akal dan sebagainya. Namun, diantara manusia ada yang tidak dapat memanfaatkan karunia dari Allah dengan sempurna karena beberapa sebab. Ada yang disebabkan karena lanjut usia, karena cacat, lumpuh dan sebagainya.
Kita tentu sangat beruntung dibandingkan dengan mereka, kita dapat membeyangkan, bagaimana caranya mereka menghadapi kehidupan ini. Kalau mereka masih mempunyai sanak keluarga yang mampu, mereka dapat membantu menghidupi keperluan hidupnya. Tetapi, bagi mereka yang sudah tidak mempunyai sanak keluarga yang mampu, anggota masyarakat seluruhnyalah yang menjadi harapannya. Untuk itu, umat Islam berkewajiban mengeluarkan sebagian dari haratanya sebagai zakat untuk mencukupi keperluan hidup mereka. Adapun bagi orang Islam yang mempunyai sedikit kelebihan dari keperluan hidupnya sehari-hari dapat membantunya dengan sedikit sesuai dengan kemampuannya.

1      Akhlak terhadap tetangga
Tetangga adalah orang yang terdekat dengan kita. Dekat bukan karena pertalian saudara ataupun pertalian darah, bahkan mungkin tidak seagama dengan kita.

2      Akhlak terhadap orang yang berbeda agama

Agama Islam adalah agama perdamaian, artinya Islam melarang umatnya mencari lawan, karena mencari lawan merupakan perbuatan yang tertcela yang dilarang agama. Dalam hal ini keyakinan kita harus berbeda, tetapi dalam kemasyarakatan kita harus bersatu untuk menjaga kerukunan bersama.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 WHYNRDN | TNB
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free PSD Graphics